Senin, 11 Juli 2011

cara mengatasi PS3 LAMPU MERAH KEDAP KEDIP ATAU YLOD[yelow ligh of death]

SELAMAT DATANG DI BLOGGER
www.evaplaystation.blogspot.com
Jasa Service PS 3 Reballing Fix Spesialis YLOD Permanent Kini Hdir di Kota KUDUS
Solusinya yang ampuh: Membetulkan solder ball yang retak dan dioksida pada IC RSX PS3.
Secara teknik, hal ini sangat sulit untuk dilakukan oleh seorang Newbie, Saya tidak menyarankan bagi anda untuk melakukannya, Tapi jika anda berpikir bahwa mesinnya sudah YLOD (sudah rusak) dan didaerah anda jauh dari service yang mumpuni, Kenapa anda tidak berani mencobanya, Toh sudah rusak ini?... Oke tutup ceritanya, Lakukan rehot : caranya ambil siongka cairan, dan hotair/heatgun. Berikan pada tiap sisi ic rsx, Usahakan siongkannya masuk meresap kedalam. setelah dirasa cukup, Panasilah oleh heatgun atau hotair dengan suhu diantara 350 - 450 derajat celcius, selama 5 atau 10 menit. (Cara ini beresiko membunuh IC RSX, Secara Pribadi saya sangat tidak menyarankan) pertimbangkan kembali resikonya. tapi dari beberapa kasus ini bisa berhasil, Tapi sayangnya tidak lama akan terjadi YLOD lagi. (Biasanya dilakukan oleh tukang service PS yang tidak memiliki  BGA rework system).

INI TIDAK AKAN MENYELESAIKAN MASALAH KARENA TIMAH BOLA YANG DIGUNAKAN TETAP TIMAH BOLA JENIS LEAD FREE SOLDER BALL (ASLI BAWA'AN SONY PLAYSTATION 3). SECARA FAKTA, TIMAH JENIS INI TIDAK TAHAN TERHADAP TEKANAN TERMAL NAMUN RAMAH LINGKUNGAN (ATURAN ROHS). MAKA DARI ITU, SAYA MEREKOMENDASIKAN UNTUK DIREBALLING LEADED SOLDER BALL MESKIPUN TIDAK RAMAH LINGKUNGAN, TAPI YANG PENTING LEBIH TAHAN TERHADAP TEKANAN TERMAL SEHINGGA DAPAT MENCEGAH TERJADINYA CRACKING/RETAK PADA TIMAH BOLA TERSEBUT (YANG MENGHUBUNGKAN IC BGA DENGAN MOTHERBOARD). Silahkanlihat referensi/literatur asing teknikal mengenai reballing supaya mengetahui lebih dalam, sebelum Anda memutuskan melakukan rehot dengan hot air/hot gun.

PERHATIAN :
Jika anda service PS3 dan mendatangi Service PS yang masih menggunakan Hotair/Heatgun, Pertimbangkan lagi sisi resikonya, Karena bisa membunuh secara permanen IC RSX dan membuat PCB melengkung serta putus jalur kaki solder ball IC RSX. Lihat dan tanyakan alat apa yang akan mereka pergunakan.

Kedua jenis alat ini sering dipakai oleh para montir service PS, Biarpun bentuknya ada berbagai macam, Sayang jika dipakai untuk PS3, Kedua alat ini cenderung merusak komponen, Karena panas yang dihasilkannya bukan panas seperti infra red, Yang melumerkan Timah, Tapi tidak membunuh Ic itu sendiri, untuk mencopot ataupun mengganti komponen dari bahan plastik, Seperti Klem/Soket atau Jepitan kabel (SPkt) Tidak mampu untuk dilakukan oleh alat yang ecex ecex. 

BGA REWORK SANGAT DIREKOMENDASIKAN DALAM MEMPERBAIKI/REBALLING SOLDER BALL PS3. GANTI SOLDER BALL BAWA'AN SONY DENGAN LEADED SOLDER BALL (RECOMENDED FOR FIX)













Kelebihan Mesin Ini Mengeluarkan Panas Dengan System Sinar INFRA RED
Yang berfungsi Untuk Melumerkan Timah Hanya bereaksi Dengan Timah/Tenol Saja
Jadi Panas INFRA MERAH Yang Di Hasilkan Mesin Ini Tidak Membuat Gosong Pada Bahan Plastik Seperti Jepitan Kabel flexsibel, Pcb, IC RSX PS3 Dan Komponen Yang Lainya.
Dan Mesin ini Membutuhkan Daya 1300 WAT.
BGA system rework, Alat yang cukup sederhana ini dibanding yang lainnya, Tapi cukup powerfull untuk melakukan desoldering dan reworking. Buatan china ini di banderol harga sekitar 21 juta. Masih bisa dianggap termurah dibanding dengan yang lainnya.
Bahkan Merek yang bagus sampai 160 jutaan.


1.Downgrade to 3.55 Rp750rb (mampu mendowngrade dari 3.73 to 3.55).
2. Fix brick 800rb. 
3. Fix RSOD 600rb. 
4. Fix YLOD (Yellow Light of Death) using BGA Rework Station Reballing + High Quality Thermal Paste Artic Silver dan Tuniq biaya 750rb (Fix Permanent)
                         BERGARANSI 1 BULAN
CATATAN:PS3 ANDA BELUM DI BLOWER BLOWER ATAU DI REHOT OLEH BENGKEL PS ADA JAMINAN BISA JADI TAPI KL SUDAH TERLANJUR PADA GOSONG TIDAK ADA JAMINAN BISA JADI.

CIRI CIRI PS3 YANG TERKENA GEJALA YLOD
1.Awalnya kipas PS3 berputar standart namun makin lama makin kencang dan sangat brisik
2.PS3 Gambar naik turun/kedip
CIRI CIRI PS3 YANG SUDAH KENA YLOD
Jika di hidupkan lampu hijau sebentar kemudian kunig lalu merah kedap kedip/berkedip dan di iringi suara tit tit/beb beb
CIRI CIRI PS3 RSOD
Tampilan di tv hanya merah
SALAH STU CONTOH PS3 BRICK
Blank screen/Tidak ada gambar.

43 komentar:

luvphobia mengatakan...

PS3 ane, lampu standby ga bisa nyala, seperti loss power.
Setelah dicek n ganti power supply tetep aja ga mau nyala...

Kira² kenapa tuh ya..?

Unknown mengatakan...

Pertanyaan agan kurang jelas lampu stainby nya kedap kedip/berkedip apa ndak kl berkedip ps3 agan kena YLOD tapi jika lampu merah tidak berkedip tapi di tekan ndak mau hijau bisa juga ic start nya. Terima kasih banyak atas komenya gan semoga dapatmembantu.

cold.heart32 mengatakan...

maaf gan mohon bantuannya...
PS3 saya dihidupin mau....dan menu juga timbul seperti biasa....
tapi kipas internal berputar semakin kencang dan dalam hitungan detik PS3 langsung mati dan lampu merahpun langsung berkedip-kedip.
apa yg terjadi pada PS3 saya gan...
mohon solusinya gan

terimakasih

Unknown mengatakan...

Kalau dalam hitungan detik sudah mati itumah terlanjur kena YLOD Gan System pembuang panas ps3 anda sudah terlanjur putus, itu di sebabkan terlambat mengganti pasta, pasta yg berfungsi sebagai jembatan membuang panas jika terlambat di ganti sehingga mengering maka panas akan menghantam ic rsx karena tidak bisa terbuang ke pendingin, pasta ibarat mobil adalah radiatornya, sampean bisa bayangkan jika radiator tidak di isi dengan air apa? yg terjadi pada mobil anda, kok jadi ngomongin mobil kan kita lagi syaring tentang ps3 ya hahahaha, yg kedua bisa juga disebabkan fentilasi/sirkulasi udara tersumbat kotoran, jadi solusinya harus reballing pada ic rsx(solder ulang)karena pasti jalur putus pada timah butir.

Anonim mengatakan...

gan...ane YLOD nih kayaknya...
klo maw reballing d daerah jabodetabek dimana ya?
Thanx...ato kalo agan punya kenalan yg d jabodetabek yg bsa reball tolong kasih tau ya gan...

Unknown mengatakan...

ps3 ku kayak YLOD nhi lampu merah kedip2 solusi yg tepat buat perbaikannya gmn yah mas???

Unknown mengatakan...

PS3 KU KAYAKNYA YLOD NHI MAS LAMPU MERAH KEDIP2 SOLUSI PERBAIKAN JLN APA YG BUSA DI AMBIL???MKSH

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr.wb.
gan punten ps2 sy lampunya merah ajah ga bs hijau tombol reset ga ada yg fungsi tolong di bantuin dong terimakasih..sy tunggu jwbnyannya yah gan

Unknown mengatakan...

MA'AF GAN KARENA KESIBUKAN BARU SEMPAT BALES:
JIKA KABEL RISET DAN TOMBOL RESET DAH DI GANTI/OK TAPI PS NDAK MAU IJO 90% IC START MATI.

virmanz72 mengatakan...

gan, ps3 ane kelebihan tegangan trus konslet gitu...
gimana ya, parah ga yah?

Unknown mengatakan...

tergantung gan kl power nya aja yg bermasalah masih beruntung tapi kl sampai menjalar ke mainboard ps3 itu berat.

Unknown mengatakan...

gan saya mw tanx ps3 saya d downgrade 3.55,tp abs d downgrade ps3 g mw nyla,lampunya kedap kedip...

Unknown mengatakan...

Ps agan brick pasti salah langkah

Unknown mengatakan...

gan kira2 klo ongkos perbaikinya brpa?

Anonim mengatakan...

gan saya mau tanya ps3 saya klo dinyalakan lampu hijau nyala tapi langsung merah kedip2...tapi ga pakai nyala kuning dulu????
tapi kalu dicoba nyalakan berulang2 nanti bisa nyala?????apa itu YLOD gan????

Anonim mengatakan...

Bagi saya itu gk perlu dengan alat canggih, gk perlu dg infrared. Kecuali mau sunat pakai infrared bahahaha. Saya udah biasa service macbook, jangan nakutin orang lah boz, kecuali harga barangnya puluhan juta. Wolezz aja..

ebol mengatakan...

Mohon bantuan ps3 ku gak bisa di star jika di star lampu hijau nyala cuman se detik aja mohon bantuan

Unknown mengatakan...

Maaf gan Mau Numpang nanya
Ps3 saya yang Fat tapi lampunya dari hijau lansung ke merah !
apa penyakitnya ya gan ?
mohon Petunjuknya

Unknown mengatakan...

ITU PS3 YLOD GAN

Unknown mengatakan...

gan ic start itu yg mana yach..........?

Unknown mengatakan...

yload cara membasmi gimana?

Unknown mengatakan...

maap gan..ps3 slim ku model 200A pas di nyalain warna merah kan lalu ditekan ijo lalu balik lagi ke warna merah??/ni knpa ya gan??mohon solusi nya??sms ke no nie ya gan...081290909494 makasih gan

Unknown mengatakan...

PS AGAN KENA YLOD

Unknown mengatakan...

maap gan mau tanya nih, kenapa setiap saya main cod mw3 suka mati sendiri pas di mainin tp game game yang lainya ngga gan gimana tuh ?
makassih gan :)

Unknown mengatakan...

VGA PS3 AGAN DAH LEMAH JADI TIAP MEMPROSES GAME YG GRAFIK NYA TINGGI DIA NDAK MAMPU LALU JADI MATI

Unknown mengatakan...

Mo tanya Ps 3 saya ke update v 3.72,trus di downgrate dengan e3 flah oleh tukang servis,eh malah brick,di karenakan mati lampu.Yg saya mo tanya,brapa ongkos perbaikan,sudah di isi regero 4.55 & multiman.

Unknown mengatakan...

tanyain yg downgrade gan bios nya di bekup ndak kl tidak maka selamat tinggal, kl ada bakup nya biaya 300rb. kl saya kejadian kayak gitu mesin tak ganti gan

Unknown mengatakan...

File dump ada.

Unknown mengatakan...

kalau ps 3 kena ylod gimana memper baiki

Hhh mengatakan...

gn kalo lampu standby nyala tapi pas di idupin ijo tapi cuma 1 detik trus ada bunyi clek terus mati totakl itu kenapa gan mohon info trims

Unknown mengatakan...

Itu ciri2 ps3 brick gan

Unknown mengatakan...

bisa jg powernya cex dl powernya

Putra Pramadhyka Kusuma mengatakan...

gan PS3 ane klo di idupin ijo tpi lgsung merah kedip2 , tuh knpe bang ??infonya !!

thanks seblumnnya gan

Unknown mengatakan...

Mf gan mao nanya, ps 3 slim ane setiap 5 menit mati mendadak, tp setelah it power masih bs d hidupkan, setelah 5 mrnit mati lg dan power ny nyala lg, dan d bawa lah k t4 service dan d ganti power suply, setelah d ganti dan d mainkan tetep az setiap 5 menit mati, dan power masih bs d hidupksn setelah 5 menit mati lg, itu knp y gan?

Unknown mengatakan...

Kirim k email saya y gan klo bisa novianshor11@gmail

Unknown mengatakan...

Gan ane ada benerapa pertanyaan, ane punya ps3 Fat..

1. Kenapa setiap kurang dr 1 jam jika main COD PS3 ane selalu mati dan lampu merah kedip kedip, itu knp yah gan..? Dan bagaimana solusi utk menfatasi itu

2. Apakah perlu PS3 Fat memakai kipas modifikasi, dari Fan nya komputer..? Jika Ia, di bagian mana yg saya harus kasih Fan

3. Apakah perlu instal aplikasi FAN untuk mengatur kecepatan kipas di PS3 Fat, karna baru 10 menit PS3 ane nyalain, kipas sudah terasa kencang berputar nya, jika perlu.. Aplikasi apa yang cocok utk semua jenis ser. PS3 Fat..? Dan bagaimana cara instal ke Ps nya..

Sorry gan banyak bertanya.. Karna jika malu nertanya Takut PS3 ane amsyong, heheee

Ditunggu jwb nya yah gan, klw.bisa bls ke email ane juga di DAREDUCKDEVIL@GMAIL.COM

Tbks gan

Unknown mengatakan...

Gan ane ada benerapa pertanyaan, ane punya ps3 Fat..

1. Kenapa setiap kurang dr 1 jam jika main COD PS3 ane selalu mati dan lampu merah kedip kedip, itu knp yah gan..? Dan bagaimana solusi utk menfatasi itu

2. Apakah perlu PS3 Fat memakai kipas modifikasi, dari Fan nya komputer..? Jika Ia, di bagian mana yg saya harus kasih Fan

3. Apakah perlu instal aplikasi FAN untuk mengatur kecepatan kipas di PS3 Fat, karna baru 10 menit PS3 ane nyalain, kipas sudah terasa kencang berputar nya, jika perlu.. Aplikasi apa yang cocok utk semua jenis ser. PS3 Fat..? Dan bagaimana cara instal ke Ps nya..

Sorry gan banyak bertanya.. Karna jika malu nertanya Takut PS3 ane amsyong, heheee

Ditunggu jwb nya yah gan, klw.bisa bls ke email ane juga di DAREDUCKDEVIL@GMAIL.COM

Tbks gan

Unknown mengatakan...

gan ane punya ps3 slim, awal mula kejadian pas lagi asik main lgsg mati lampu...pas uda nyala lampu ane nyalain lagi ps3 ane, kluar deh kata2 mnt d scan atw apalh bunyinya karna matix g wajar.. ane salah pencet, kepencet NO.. tapi ttp masuk ke Menu.. Pas lagi mw main game tiba2 Ps3 ane Mati, ane nyalain lagi langsung gmw nyala.... lampu indikator stanby merah d nyalain hijau cuman 2 detik trus mati total lampu indikator tidak menyala sama sekali.. klo d tekan lagi tombol powernya lampu stanbay kembali merah... d nyalain lagi lampu hijau cmn 2 detik trus mati total lagi... kenapa itu y gan? trus bgmn solusinya?? mohon bantuanya gan...:(

begikservis mengatakan...

gan numpang nanya ps 3 sy stby di tkn lampu nya ijo kembali kemereh bif 3x mereh kedip kedip itu apa nya gan ..trims


Unknown mengatakan...

gan ps3 ane slim 250 gb pas saya tekan tombol on lmpu ijo ny cmn 2 detik trus jdi lmpu merah kedip" soal ny jarang d pke,, tolong solusinya

Alfapratama mengatakan...

Bos saat mau main game tiba2 mati terus berkedip-kedip merah kenapa ya

Shadow mengatakan...

Gan knp ya saya setiap maen gta v yg ad ledakan digamenya pasti langsung mati kedipp kuning sama merah,tapi giliran maen bola bisaa ga mati

Suci Indah Sari mengatakan...

PS3FAT Gue saat di nyalakan lampu hijau tetapi suara kipas kencang keluar angin gitu 10 detikan , trus langsung lampu kuning bunyi dipdip habis itu lampu merah lg . berulang2 seperti itu , kenapa ya?

Posting Komentar