Jumat, 06 Januari 2012

cara install BOOT.ELF ke ps2 HDD/solusi mengatasi ps2 HDD blank

Kali ini kita akan membahas gimana cara mengatasi ps2 ngebleng layar merah atau hitam setelah logo matrix?, penyebabnya bisa bervariasi, kita pastikan penyebabnya dulu pertama kita cek mesinya caranya gunakan hardisk dan NA yang waras/ok bisa di oper2 bagi yang punya ps2 lebih dari satu, setelah di nyatakan ketiganya ok yaitu mesinya, hardisknya & NA nya OK, Baru kita ambil langkah berikut, sudah pasti file BOOT .ELF nya hilang/rusaknya file BOOTING/BOOT elf yg berada di dalam HDD PS2, itu di sebabkan karena kerusakan pada stik ps2(rusak/eror)stik harus di perbaiki terlebih dahulu, jika BOOT. ELF  yang berada di dalam hardisk rusak cara menanggulangi nya adalah sebagai berikut, seken repair/perbaikan, menggunakan aplikasi yg biasa kita buat install game/WINHIIP, bagi yg tidak punya pc/computer bisa lewat jasa warnet, bagi yg belum punya aplikasinya silahkan download software untuk install game pada ps2 HDD:KLIK DI SINI UNTUK DOWNLOAD WINHIIP BER BAHASA INDONESIA . Ini merupakan sebuah tips pengiritan terutama bagi yg  mempunyai rental ps2 karena jika masalah seperti itu anda bawa ke toko playstation akan memakan biaya yang mahal apa lagi yg teknisi nya curang pasti yg di katakan macem2 harus bersihkan hdd lah harus instal ulang lah dlsb, pada hal sangatlah mudah dan bisa di lakukan setiap orang, metode sken repair ini fungsinya untuk mengembalikan file boot yg rusak, karena itu ps2 hdd tidak bisa menampilkan judul game karena tidak bisa booting, di samping itu juga berfungsi memper baiki game yg macet, lalu lakukan penyimpanan. Cara yg kedua jika file BOOT.ELF nya hilang HARUS di lakukan install ulang BOOT .ELF, Untuk persiapan download BOOT.ELF ps2 HDloader:KLIK DI SINI.Cara install BOOT.ELF ke hdd ps2/playstation2 hardisk: Sebagai berikut. Exstrax file yang berada di dalam rar tersebut yang anda download tadi kedalam flasdisc  dan lain sebagainya beserta voldernya,  Tancapkan MMCBOOTING di ps2 hd pada slot satu, Bagi yang belum punya mmc booting bisa:KLIK DI SINI CARA MEMBUAT MMC BOOTING Nyalakan ps2 tekan R1 secara cepat setelah logo matrix jika terlanjur ke menu browser di ulang lagi, setelah masuk ke menu BOOTING Tancapkan flasdisk di slot 1. Tekan bulat pada pada o:Filebrowser tekan bulat pada mass (disini yang di maksud mass adalah flasdisc) cari volder yang anda download tadi di dalamnya berisi 6 fil yang terdiri dari:
.1.BOOT.ELF  
.2.DEV21.ELF 
.3.DUMY 
.4.DUMY2 
.5.TEXS DOKUMEN
.6.SYSTEM 
Anda jalankan/tekan bulat pada DEV21 maka di layar tv akan keluar tulisan loading boot.elf from maas lalu tulisan berikutnya press x to install boot.elf to hdd, maksudnya anda di suruh menekan x jika ingin menginstall boot.elf ke dalam hdd, Tunggu sebentar maka ps2 akan otomatis mati sendiri, jika lampu ps2 sudah merah berati selesai installnya nyalakan ps2 selesai. Dan jika HARDISKNYA OK NA NYA OK BOOT.ELFNYA PUN OK Tapi masih teteb layar merah/Hitam setelah logo matrix Bisa di sebabkan komponen yg berada pada mainboard ps2. ITU BAGIAN SAYA
TERIMAKASIH
DAN
SEMOGA BISA MEMBANTU
TUTORIAL INI

47 komentar:

arya_wae mengatakan...

makasih ya...sangat membantu
tampilan blognya keren kasih tau caranya donk

OMJO mengatakan...

kalo layar sesudah matrix > codebreaker...tp start gamenya blank...mohon bantuannya gan

Unknown mengatakan...

OK SAMA SAMA. KL TAMPILAN BLOG SIH AKU TANYA AMA MBAH GOOGLE HAHAHAHAHAHA

Unknown mengatakan...

KALAU BERTANYA YANG JELAS GAN AGAR KAMI NDAK SALAH MEMBERI JAWABAN YG BLANK GAME TERTENTU APA SEMUA GAME?

alif mengatakan...

kalok NA nya yang rusak gmana gan.bsa di servis kgak? ane ada 2 biji ni yang dah rusak.. thanks.

Unknown mengatakan...

tanya bro aq punya ps2 mobo matrix dengan hdd 80gb seageate,nah skarang masalahnya aq punya hdd 160 hittachi aq masukin game lewat whinhiip ternyata aq pasang ga bisa jalan setelah logo matrix ga muncul apa2 gmana solusinya?,.... (optik ga ada mc boot ga ada),agar hdd aq bisa boot ke list game,sebelumnyamakasih banyak,hendriksujarwo@gmail.com

Unknown mengatakan...

Lihat tingkat kerusakanya mas brooow untuk kerusakan slot dan kabel flexsibelnya bisa di ganti ada yg jual sperpartnya, tapi kl ic nya yg mati saat ini belum ada yg jual ic tersebut. Tanxs gan atas komen nya semoga dapat membantu teman yg lainya.

Unknown mengatakan...

MMC BOOT Wajib punya gan harus itu, Karena untuk menginstall boot.elf ke dalam hdd karena boot.elf berfungsi untuk menampilkan judul game serta memainkanya, Untuk HDD Baru harus di install boot.elf/booting dulu, ingat ya gan itu wajib. Terimakasih banyak atas komenya gan semoga dapat membantu teman teman yg lain.

Kancil Laut mengatakan...

mas bro aku mau service PS2ku yang gak tampil gambar dan suara di TV tapi dvdnya muter sih.. kira2 kerusakan apanya ya?

Unknown mengatakan...

PS2 nggak ada gambar nggak ada suara samasekali(ps2 blank) banyak faktor pastinya di cex dulu

Unknown mengatakan...

om kalo aku tadi mau nginstal game tapi gak bisa terus aku ke format aku klik ok terus aku yes terus tiba tiba ada tulisan erase terus ada loading terus aku cancel nah terus aku coba main pas lagi loading opl loading nya lama itu kehapus/gak?

Unknown mengatakan...

Itu penyebabnya salahsatu file opl kehapus

Anonim mengatakan...

gan, ps2 gw scph 30000. kmren gw bawa ke tukang ps, katanya rusak hardisknya. jadi ganti hardisk nto ongkos na 600.000 !!!!
berat gan, apakah bisa dipelajari cara mengganti hardisk itu dengan hardisk komputer???

Unknown mengatakan...

Bisa pake HDD Bekas komputer, atau beli dari aku
HDD 40 GB Rp150 ribu sudah di isi gem
HDD 80 GB Rp250 ribu sudah di isi gem

Unknown mengatakan...

Salam..Kenal Gan, saya punya usaha PS gan, dan semua PS dah pake HDD (ps2 tipe slim)salah satu PS saya tidak mau boot ke hdd,begitu kita hidupka nampak tulisan matrik,setelah itu hilang?tidak seperti biasanya begitu kita hidupkan langsung keluar menu/daftar Gam yg ada di HDD,saya dah liat isi HDD daftar gam masih ada, kira2 apa penyebabnya Gan? dan bagai mana cara nya supaya bisa boot ke HDD seperti semula? mohon pencerahan nya gan terimaksih....

Unknown mengatakan...

Kasus seperti itu sering di jumpai kebanyakan kasusnya file boot nya kehapus, jika matrik agan versi 5.0 silahkan download (system) system tersebut adalah file boot matrix 5.0 silahkan di download di halaman yg sudah saya sediakan dan jika sudak ekstrax file tersebut di hdd agan.

Anonim mengatakan...

Gan saya punya ps2 hdd 80gb bisa gx hdd nya di diganti yg lebih besar 160 gb & cara intalasinya sama yg diatas gx

terimakasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

Bisa masbrow ps2 hdd yang memakai NA maxsimal 160GB
Utuk yang ekternal bebas gak di batasi GIGA NYA
Cara install nya sama.

Anonim mengatakan...

Kalau tipe hdd nya yg bgus yg mana boleh minta tipsnya

Anonim mengatakan...

GAn, bisa minta Cara2 buat MMC booting step by stepnya, soalnya yang agan kasih ga bisa pas ane coba. ( " Masih pemula banget nih " ane download cd uLe4.30 trus dpt file IMAGE.cue ama IMAGE.bin trus ane masukin ke hardisk pake winhiip, tp pas ane masukin ke console ga bisa tampil tetep aja item)

raka mengatakan...

gay g punya ps2 seri50006,msalah nya g pake harddisk,NA kok gambar nya merah ya tp klo g pake harddisk external gpp...g heran gay solusinya ap ya

Unknown mengatakan...

Ada solusinya gan itu jika hdd dan NA nya ok itu jelas mesin ps2 nya yg kena ic cxd dekat soket hardisk, jika ic cxd nya rusak maka akan terjadi blank hitam/blank merah bisa juga menyebabkan gambar berhenti(macet)

Bdk mengatakan...

mau beli mmc boot hd external gmn?

Unknown mengatakan...

Bos kalo hardisk nya lama ngebaca nya knpa ya ??
Saya kalo mau main game nya jd harus matiin power nya dari blakangnya ,dan harus berulang ulang kali matiin hidup nya,baru bisa kluar tampilan pilihan game nya ,knpa ya gan ?? Mohon bantuan nya ... Mksh ,,,

Unknown mengatakan...

GAK JELAS GAN PS2 PA PS3?

Anonim mengatakan...

@Eva RojoPlaystation : kk aku punya kendala sama bootNy, BOOT Ny ngak bisa ngebaca game.... dulu waktu nyervice PS, abg yg nyervice udah masang BOOT, tp di memori (slot 2).. nah kemudian nggak sengaja ada data di memori slot 2 ke hapus (tapi bukan folder bertuliskan BOOT), yg ke hapus kalo nggak salah nama folderNy (blank atau break)....
kendalaNy buat perbaikin boot kan dibilang pasang di slot 1 #bootNy ada tapi di slot 2.... lalu di pencet R1 tapi nggak ngaruh #ttap aj ke menu BROWSER....
#TOLONG BantuanNy kk....
#THANKS Before ^ ^

Unknown mengatakan...

mass, ,saya punya ps2 keluhannya loading untuk ngebaca daftar gamenya lama banget , , , sempet tanya ke tukang servis katanya hardisknya lemah, terus menurut agan gimana, apakah hardisknya lemah atau ada faktor yang lain, oy saya coba pake hardisk lain g masalah jadi di hardisknya mas,, apa pada saat install bootnya ya, ,kalo misal hardisnya yng lemah, bisa di perbaiki g mas untuk hardisk, apa harus ganti hardisk??

Anonim mengatakan...

prmisi gan, pnya sya jg mngalami msalah yg sama
trus cra bnerinnya gmna? mhon pnjelasannya gan

Unknown mengatakan...

Di install ulang aja gan nanti masuk system cofigurasi setting auto load slot2 jadi ndak usah tekan r1 lagian kl di taruh slot1 juga menggagu buat save data

Anonim mengatakan...

gan,ane kan masih bener-bener awam
mau tau gan caranya install boot elf ke hdd gan,soalnya ane punya hdd external dan ps dikasih ttgga.mohon bls.tks

hiphopfamily mengatakan...

di winhiip hardisk saya muncul pesan "there are was correctable erors(cheksum)"
itu maksudnya apa gan? n cara perbaikinya gmn? padahal sudah aq scan tetep saja muncul pesan itu.

Unknown mengatakan...

hdd rusak gan ndak bisa di perbaiki

Anonim mengatakan...

Iya sama pnya saya juga kya gitu
kira kira apa masalahnya gan please jwb dan ksh solusinya??

Unknown mengatakan...

Mksh min dh dbri prljrn yg sangat berharga buat saya

Unknown mengatakan...

kalo hdd not detect kenapa ya gan? kalo hd loadernya aq open lewat mc boot bisa kalo g pake blank

Unknown mengatakan...

Berrarti udah di format buat fremc boot buat yg lainya musti di rubah lagi

Unknown mengatakan...

sippp gan lanjutkan

Unknown mengatakan...

Gan ane mau nanya.. Ps 2 ane type FAT matrix, problem ga mau tampil apa" dilayar.. Jadi layar blank AV aja di TV.. kabel untuk display udah ane ganti baru.. Biasanya problem apa gan.. Masalahnya ga muncul gambar sony ataupun matrix.. Blank sama sekali..

Thanks gan

Unknown mengatakan...

Jika blank nya biru itu sasah krn positif mesinya, tp kl ps2 hdd blank hitam/merah bisa jg sofwaren yg di HDD coba di booting ulang

Anonim mengatakan...

Masbro, ps2 fat saya sebelumnya mengalami masalah blank hitam setelah logo matrix, lalu saya sudah coba instal boot.elf ke hdd internal 80gb pake aplikasi ps2pfsexplorer, tapi kenapa setelah saya instal boot.elf nya, ps2 logo matrix terus ga masuk ke splash dan list game. Kira2 itu kenapa ya? Apa karena loadernya terhapus ya atau gmn? Mohon sarannya. Thanks

Male mengatakan...

anen sama kya yg diatas gan

Anonim mengatakan...

maaf tanya, hd sy terformat, lalu saya isi lagi file system.nya dan jg gamenya, tp tidak terbaca di ps2 sy? mhon solusinya gan...

Salim Ibrahim mengatakan...

Salam kenal gan, Ane mo tanya nih, Ane puya SONY PSX seri DESR 5000,HDD internalnya rusak gan, waktu ane ganti hdd baru malah ga ada tampilan apa2, tampilan PSX nya sih ada, mohon pencerahannya gan .. !

Nub mengatakan...

permisi mas mo nanya nh boleh gak?

Nub mengatakan...

permisi mas mo nanya nh boleh gak?

Unknown mengatakan...

gan. saya buat BOOT.ELF sendri. tapi setelah saya pindah ke hdd tampilanz jadi blang pink n harus di boot ke tampilan asal..
padahal boot.elf yg q buat sudah sesuat teritorial. kemaren bisa sukses. tp setelah colortexs nya saya ganti udah g bisa lagi gan.....

Shikamaru Nara mengatakan...

infonya sangat bermanfaat bagi ane
isolasi double tape

Posting Komentar